Listen This :) You Belong With Me by Taylor Swift

Kamis, 20 November 2014

Tips Membuat Tempe Goreng yang Renyah dan Tidak Cepat Lembek

Tempe merupakan makanan yang sangat familiar bagi rakyat Indonesia. Tempe identik dengan labelnya sebagai makanan untuk kalangan menengah ke bawah. Namun hal tersebut sudah tidak berlaku lagi karena zaman sekarang ini tempe sudah dikreasikan menjadi berbagai panganan yang semua kalangan mampu dan suka untuk mencobanya. Salah satu olahan yang paling sering dibuat dari tempe adalah tempe goreng. Panganan ini tidak hanya menjadi olahan rumahan namun juga telah menjadi bisnis untuk sebagian orang. Mulai dari tempe goreng pinggir jalan sampai dengan tempe goreng yang ada di restoran. Tempe goreng disini pun dibagi menjadi beberapa jenis, ada yang tempe biasa kemudian diberi bumbu dan digoreng ataupun dibalut dengan tepung. 

Membuat tempe goreng yang dibalut tepung merupakan hal yang mudah. Tapi, terkadang menggoreng tempe menggunakan tepung menjadi pilihan terakhir karena jika tempe goreng tidak segera dimakan akan membuat tempe tersebut menjadi dingin dan lembek. Rasa dari tempe goreng pun menjadi berubaha dan cenderung tidak enak. Lalu, bagaimana cara mempertahankan agar tempe goreng yang sudah dingin itu tidak menjadi lembek?


Penulis punya tips nih agar tempe goreng buatan kita tetap renyah dan tidak lembek walau sudah dingin. Apa itu ? Ketika membuat adonan tepung untuk membalut tempe goreng kita harus menggunakan dua jenis tepung yaitu :

1. Tepung Beras










2. Tepung Terigu












Proporsi percampurannya adalah 1 : 0,25 atau jika kita menggunakan 1 kg tepung terigu maka untuk tepung berasnya cukup 1/4 kg saja. Kita juga harus menghindari penggunaan tepung beras yang berlebihan karena dapat menyebabkan tempe goreng menjadi keras.


Sekian tips dari saya, tunggu tips saya selanjutnya ya :D Semoga bermanfaat.


Penulis : Wahyu Wastuti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar